Pelajaran Dari 5 Spesies Singa yang Punah

Hallo teman-teman, bagaimana kabarnya?  Semoga aja baik-baik aja ya. 

Kali ini aku akan membagikan spesies singa yang udah punah.  Saat ini ada 3 spesies singa yang masih hidup, yaitu: Singa Afrika yang terkenal, Singa Asia yang tinggal di India, Singa Gunung atau Puma  hidup di Amerika Utara.  Yang aku tahu, ada 5 spesies singa yang udah punah saat ini.

1. Singa Berber

Singa Berber atau Singa Atlas ini mempunyai nama ilmiah Panthera Leo Leo.  Ia hidup di pegunungan Atlas di Afrika Utara, dari Mesir sampai Maroko.  Badannya lebih besar dari pada Singa Afrika.  Singa ini sekarang sudah punah di alam liar karena pemburuan.  Namun, Singa Atlas masih ada di beberapa kebun binatang.


2.  Singa Gua Eropa

Kenapa lambang beberapa negara di Eropa memakai gambar singa?  Misalnya lambang kerajaan Inggris dan kerajaan Belanda. Padahal saat ini kebanyakan singa yang masih hidup ada di AFrika, Asia dan Amerika Utara.  Ternyata, dulu ada singa hidup di Eropa. Spesies singa yang dulu hidup di Eropa itu adalah Singa Gua Eropa atau Eurasia Cave Lion.  Mempunyai nama ilmiah Panthera Leo Spelaya.  Singa ini punah pada 13.000 ribu tahun yang lalu.  Singa ini tidak memiliki surai.





3.  Singa Amerika

Singa Amerika berbeda dengan singa gunung atau puma.  Ukuran badannya sangat lah besar. Nama ilmiahnya Panthera Leo Atrox. Ia  punah pada 11.000 ribu tahun yang lalu.  Berbeda dengan singa modern,  Singa Amerika jantan tidap mempunyai surai dan memiliki tutul-tutul yang agak kelihatan.



4. Singa Gua

Singa Gua adalah singa purba terbesar.  Berbeda dengan Singa Gua Eropa, habitat Singa Gua ada di Asia Utara. Singa ini lebih tua dari pada Singa Amerika atau bahkan Singa Gua Eropa.  Nama ilmiahnya Panthera Leo Fosilis.  


5.  Singa Cape

Singa Cape nama ilmiahnya Panthera Leo Melanokaita. Singa ini tinggal di Afrika Selatan.  Ciri-cirinya hampir mirip dengan Singa Afrika.  Perbedaannya Singa Cape surainya berwarna hitam semua dan telinga nya agak keputihan.


.

Kebanyakan singa yang udah punah tinggal di wilayah bersalju.  Para ahli memperkirakan kepunahan itu disebabkan perubahan iklim, yaitu berakhirnya zaman es, dan juga karena mangsanya berkurang.  


Nah, jadi perubahan iklim bisa menyebabkan hewan punah.  Penambahan suhu bumi saat ini, mencairnya es di  kutub, berkurangnya hutan dan pencemaran lingkungan, mungkin juga akan membuat hewan, tumbuhan jadi punah. Padahal kalau tumbuhan punah, manusia juga akan sulit bertahan.  Makanya, yuk sayangi lingkungan sekitarmu.


Komentar