5 Hewan Unik Di Indonesia

Asalamualikum teman -teman.  Kali ini aku akan ingin bercerita tentang 10 hewan unik yang hanya ada di Indonesia .

1.  Macan Dahan


Kalian tau nggak macan dahan. hewan yang mirip macan tutul tapi ukuran nya lebih kecil.  Ukuran badannya kurang dari 1 meter.  Ia hewan penyendiri yang tak suka menampakkan diri.  Jadi misterius dan sulit dipelajari.  Hewan ini hanya di temukan di kalimantan dan sunda  macan dahan tidak ditemukan di negara lain lho

2.  Komodo


Kalau hewan ini pasti udah banyak tahu dong...  Komodo adalah kadal raksasa.  Komodo  dijuluki dragon atau naga.  Kalau ketemu hati -hati ya...  Meskipun badannya besar tapi ia bisa berlari hinga 30 km/jam.  Dengan daya penciuman yang tajam ia bisa mengetahui adanya mangsa dari jarak 5 Km.  Ludah nya beracun dan mangsanya adalah rusa Timor. Tak jarang ia menyerang manusia.  Di Indonesia mereka bisa ditemukan di Pulau Flores.


3.  Orangutan


Orangutan adalah jenis kera besar yang paling mirip dengan manusia. Mereka hanya bisa ditemukan di Kalimantan dan Sumatra.  Saat ini habitat orangutan semakin menyempit karena banyak hutan yang dibuka untuk dijadikan perkebunan.  Sehingga orangutan terancam punah.

4.  Badak bercula satu


Kebanyak orang melihat bahwa badak memiliki 2 cula.  Nah di Ujung Kulon ada badak yang memiliki 1 cula. Itu adalah hewan yang sangat langka dan hanya ada di Indonesia. Saat ini diperkirakan jumlahnya hanya ada sekitar 100 ekor.  Badak cula satu ini adalah salah satu mamalia terbesar di Indonesia karena berat badannya bisa sampai satu setengah ton.  Wuih...besar ya...

5.  Kanguru Pohon


Tahukah kamu, ada spesies kanguru yang  tinggal di pohon.  Kanguru pohon hidup di dataran tinggi Papua.  Bulunya sangat indah sehingga dijuluki kanguru mantel emas.  Ia terancam punah karena banyak diburu oleh manusia.                                     

Nah, itulah 5 satwa unik yang hanya ada di Indonesia. Mari kita cintai dan kita lestarikan kekayaan satwa Indonesia.

#animalworld

#duniahewan

Komentar

  1. Hallo Ave, menarik sekali tulisannya. Aku suka tulisan tentang hewan dan konservasi alam. Kalau ada waktu minta tolong tulis tentang hewan lagi ya, nanti aku baca. Terima kasih.

    BalasHapus

Posting Komentar